Sabtu, 23 November 2013

Situs Gunung Padang

Sekilas tentang Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat. Semoga bermanfaat.


Batu Segilima di Gunung Padang





            Di mana ada batu segilima seperti yang ada di Planet Krypton dalam film Superman Returns? Ada... teman-teman dapat menemukannya di Situs Gunung Padang. Terletak di Desa Karga Mukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

            Situs Megalit ini sebenarnya telah ditemukan tahun 1914 oleh orang Belanda, Mr. N.J. Krom. Awalnya, ia menemukan susunan batu berbentuk segilima yang memanjang di hutan Gunung Padang. Ia segera menyuruh penduduk setempat untuk membabat pepohonan di sekitar lokasi. Mr N.J. Krom terkejut. Ternyata dia menemukan tumpukan batu yang membentuk sebuah bangunan kuno yang terdiri dari lima tingkat.

            Sejak saat itulah situs bebatuan ini dijadikan tempat penelitian oleh para arkeolog Belanda. Sayangnya penelitian ini tidak bisa dilanjutkan karena terjadi Perang Dunia Pertama  (1914-1918), Perang Dunia Kedua (1939-1945), dan Perang Kemerdekaan RI (1945-1949).
            Baru pada tahun 1979, ada 3 orang penduduk desa yang menemukan kembali lokasi ini. Mereka segera menghubungi pemerintah. Mulai tahun 1980 dilakukan penelitian lagi oleh arkeolog Indonessia yang dipimpin oleh R.P Soejono.

             Ketika menggali, ternyata  R.P Soejono menemukan bangunan berundak lima yang disusun dari batu-batuan berbentuk segilima memanjang. Menurut mereka batu-batuan ini berasal dari zaman Megalit atau batu besar. Pada zaman itu nenek moyang baru mengenal peralatan sederhana yang terbuat dari batu.
            Dulu, bangunan ini dijadikan tempat berkumpul untuk upacara keagamaan. Masing-masing bangunan ini mempunyai arti khusus. Bangunan pertama, untuk upacara keagamaan bagi orang biasa. Bangunan kedua, untuk orang yang mempunyai kasta lebih tinggi dari yang pertama, hingga bangunan ke lima bagi orang yang kastanya paling tinggi.

            Ada yang unik dari batu berbentuk segilima memanjang ini. Bila batunya agak tipis, kalau diketok dengan batu akan mengeluarkan bebunyian dengan nada tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar